KORAN BINTANG POS SEBAGAI SARANA ASPIRASI, KOMUNIKASI, INFORMASI DAN PROMOSI BAGI PUBLIK (Hub : 031-8832649 / 081234399977)

Memasuki Idul Adha Harga Daging Stabil

dprd jatim

Indrapura -  Pemerintah provinsi (pemprov) Jatim memastikan stock dan harga daging jelang hari raya Idul Adha tetap stabil. Bahkan, hingga kini harga daging sapi kualitas baik di berbagai pasar tradisional di Jatim masih tetap stabil rata-rata Rp 84 000/kg. Terjaganya harga daging sapi di Jatim menjelang Idul Kurban tersebut karena Jatim stok daging cukup tersedia. Untuk mengawal agar kepentingan masyarakat tidak terganggu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Agus Maimun tetap mengingatkan Disperindak JawaTimur untuk tetap konsisten menjaga kesetabilan harga daging.

”Kami terus mengingatkan pada Disperindag Jatim untuk tetap menjaga stabilisasi harga daging dan kebutuhan pokok lainnya,” terang Agus Maimun.

Politisi asal PAN ini mengatakan bahwa moment seperti Hari Raya Idul Adha seperti ini sangat rentan terjadinya fluktuasi harga kebutuhan bahan pokok, termasuk daging. “Karena, di hari raya ini, masyarakat akan berburu dengan binatang ternak seperti sapi dan domba, sehingga akan bisa mempengaruhi stock daging di pasaran,” tutur dia.

Sementara itu,  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim Budi Setiawan, Budi memastikan bahwa kebutuhan daging untuk masyarakat Jatim menjelang Idul Adha masih cukup tersedia, meskipun diprediksi ada kenaikan tetapi masih dalam batas kewajaran. “Tapi untuk harga daging di luar Jatim seperti di Jakarta diperkirakan akan naik lebih tinggi,” beber dia.

Meski begitu, lanjut dia, untuk harga hewan kurban sapi dan kambing di Jatim menjelang Idul Adha ini dipastikan akan naik, tapi tidak sampai mempengaruhi harga daging di pasar. Hal itu, lanjut dia, karena hewan kurban yang dibeli untuk keperluan perorangan sebagai hewan kurban, stoknya masih cukup di masyarakat. Sementara daging sapi di pasar tradisional Jatim dipasok dari Rumah Potong Hewan (RPH). “Jadi, stock untuk kebutuhan hewan kurban tetap ada dan tidak sampai mempengaruhi harga daging di pasar. Karena itu, kami pastikan harga daging masih relatif stabil,” terang dia.

Hal sama juga akan terjadi pada harga kebutuhan bahan pokok lainnya. Menjelang Idul Adha ini, harga kebutuhan bahan-bahan pokok itu akan tetap stabil dan tidak akan berpenagruh. Karena Idul Kuban sifatnya hanya sesaat tidak jangka panjang seperti Idul Fitri sehingga kemungkinan kecil sampai harga-harga bahan pokok naik.

Sesuai data di Disperindag Pemprov Jatim, di pasar tardisional Surabaya dan beberapa pasar di kabupaten/kota Jatim, harga ternak kurban di Surabaya seperti sapi dengan berat badan 200-225 kg sekitar Rp 10 juta/ekor, ternak sapi dengan berati 635 hingga 660 kg sekitar Rp 29-31 juta/ekor. Sedangkan harga ternak kambing kurban di Surabaya antara Rp 1,5 sampai Rp 5 juta/ekor.

Sementara harga kebutuhan bahan pokok seperti beras bengawan masih  Rp 9 600/kg, begitu juga mentik, Rp 9.500/kh, beras IR 64 Rp 8.000/kg, gula pasir Rp 11.000/kg, minyak goreng curah Rp 11.000/kg, daging ayam Rp 32.000/kg, telur ayam ras Rp 16.500/kg, jagung pipilan Rp 5.000/kg. Tomat sayur Rp 6.000/kg, cabe merah besar biasa Rp 19.000/kg, cabe merah keriting Rp 18.000/kg, cabe rawit Rp 23.500/kg, bawang merah Rp 22.000/kg, bawang putih Rp 9.000/kg, kedelai lokal Rp 8.000/kg dan kedelai impor Rp 11.000/kg. (jtm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ada Komentar, Berita, Artikel Yang mau Di liput / ditayangkan d www.Bintangpos.com kirim via Email : redaksibintangpos@gmail.com