KORAN BINTANG POS SEBAGAI SARANA ASPIRASI, KOMUNIKASI, INFORMASI DAN PROMOSI BAGI PUBLIK (Hub : 031-8832649 / 081234399977)

Gugatan dikabulkan MK, dua anggota DPRD Surabaya batal mundur

1208 rio-pattiselano

Surabaya – Dua anggota DPRD Surabaya yang menjadi Caleg melalui Parpol lain dalam Pemilu 2014, Rio Pattiselano dan Camelia Habibah, batal mundur dari anggota DPRD Surabaya setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang tidak mengharuskan anggota DPR/DPRD melepaskan jabatannya.

“Kemarin-kemarin saya memang tak berani ngomong, tapi sekarang saya lega karena masih bisa menjabat sebagai anggota DPRD Surabaya sampai selesai,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Rio Pattiselano. Menurut kader Partai Damai Sejahtera (PDS) yang kini berangkat dari Partai Gerindra ini, pihaknya mendapatkan kabar dari pengurus PDS di Jakarta bahwa putusan MK bernomor 39/PUU XII/2013 mengabulkan gugatan anggota DPR/DPRD se-Indonesia yang menjadi Caleg tapi beda partai. Ini karena partai itu tak masuk sebagai peserta Pemilu 2014.

“Namun ketentuan ini hanya berlaku bagi Caleg yang partainya tidak lolos pemilu. Sehingga putusan MK itu tidak berlaku jika anggota dewan itu pindah ke partai lain atas kemauan sendiri,” ungkapnya.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu, MK telah memutuskan anggota DPR atau DPRD yang ingin mencalonkan diri sebagai Caleg melalui Parpol yang berbeda dalam Pemilu 2014 tidak harus melepaskan jabatannya sebagai anggota dewan.

Selain itu, ketentuan ini hanya berlaku jika anggota DPR atau DPRD yang bersangkutan tidak diberhentikan atau dibatalkan partai lain yang mencalonkannya, serta tidak ada lagi calon pengganti yang terdaftar dalam DCT dari parpol yang mencalonkannya.(lsi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ada Komentar, Berita, Artikel Yang mau Di liput / ditayangkan d www.Bintangpos.com kirim via Email : redaksibintangpos@gmail.com