KORAN BINTANG POS SEBAGAI SARANA ASPIRASI, KOMUNIKASI, INFORMASI DAN PROMOSI BAGI PUBLIK (Hub : 031-8832649 / 081234399977)

DPR Target Bereskan 66 RUU Sebelum Pemilu

marzuki 1

Jakarta - Jelang Pemilu 2014, para anggota Dewan diharap tetap fokus melaksanakan tugas sesuai fungsinya: pengawasan, anggaran, dan legislasi. Ini supaya kritik masyarakat terhadap kinerja DPR periode sekarang berkurang. Hitung-hitung, mencari poin positif jelang berakhir jabatan.

“Jangan sampai kinerja Dewan menurun karena ada pengalihan fokus berupa pencalonan anggota Dewan pada Pemilu 2014,” ujar Ketua DPR Marzuki Alie dalam sidang paripurna DPR, Rabu (15/1).

Karena itu, pada masa persidangan ini DPR akan fokus membereskan legislasi. Ada 66 rancangan undang-undang yang harus dituntaskan menjadi undang-undang. Ke-66 RUU itu sudah diputuskan sebagai Program Legislasi Nasional 2014.

Menurut Marzuki Alie, dari 66 RUU itu terdapat 34 RUU yang telah memasuki masa pembicaraan tingkat I. Sementara sisanya masih memasuki tahap harmonisasi di Baleg DPR. Sebagian lagi masih dalam tahap penyusunan oleh DPR, pemerintah, dan DPD.

Selain itu, terdapat beberapa RUU yang bersifat kumulatif terbuka. Di antaranya, RUU terkait pengesahan perjanjian internasional. RUU sebagai akibat putusan MK, RUU berkaitan dengan APBN, dan RUU mengenai pembentukan daerah otonomi baru.

“Pimpinan Dewan meyakini paling tidak 34 RUU yang sudah masuk pembicaraan tingkat I mampu diselesaikan DPR periode sekarang dengan meminimalisir kendala dalam proses pembahasan yang datang dari Dewan maupun pemerintah,” katanya.

Sejumlah RUU yang segera diselesaikan antara lain, RUU Keperawatan, RUU Perdagangan, RUU Perubahan Harga Rupiah, dan RUU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. jpr

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ada Komentar, Berita, Artikel Yang mau Di liput / ditayangkan d www.Bintangpos.com kirim via Email : redaksibintangpos@gmail.com